[REVIEW] Panic Room (2002) : Ruang Rahasia Dalam Rumah | #SegmenReview

Gambar
SINOPSIS : Bercerita tentang kehidupan Meg Altman (Jodie Foster) dan putrinya yang berusia 11 tahun bernama Sarah (Kristen Stewart) yang memiliki penyakit diabetes, mereka akan menempati tempat tinggal baru setelah perceraian Meg dengan suaminya yakni Stephen Altman (Patrick Bauchau). Rumah yang akan mereka tempati sangat luas, dan istimewanya terdapat ruang rahasia yang bernama PANIC ROOM, Ruang rahasia tersebut ternyata khusus di set pada rumah yang isinya terdapat kamera pengintai pada seluruh isi rumah dan ada jaringan telefon pada ruang tersebut, 1 lagi ruang tersebut juga berlapis baja yang sangat kuat & digunakan jika terdapat hal hal yang mengancam mereka. Dan benar saja saat mereka terlelap di malam pertama mereka tinggal terdapat 3 PERAMPOK yaitu Burnham (Forest Whitaker), Junior (Jared Leto) & Raoul (Dwight Yoakam) yang tiba-tiba saja masuk paksa, mereka mengincar BRANKAS yang berisi sejumlah uang, usut punya usut ternyata pemilik rumah sebelum Meg adala

[REVIEW] Film Pengabdi Setan 1980 Vs Pengabdi Setan 2017 | #SegmenVersus




1. PENGABDI SETAN VERSI ORIGINAL (1980)
(Pak Munarto, Tomi & Rita)
Cerita berpusat pada sebuah keluarga berkecukupan/kaya yang jauh dari agama/tidak percaya Tuhan. Yang beranggotakan Pak Munarto (W.D Mochtar) yang kehidupannya hanya bergelut dengan bisnis dan kedua anaknya Rita (Siska Widowati) & Tomi (Fachrul Rozi) Tetapi Di awal film diceritakan kalau istri pak Munarto yang juga menjadi ibu bagi kedua anaknya baru saja meninggal dan scene pemakaman pun menjadi awal scene film ini. Setelah itu, dimalam pertama Tomi tiba2 terkejut karena suara ketukan jendela yang ternyata setan/arwah gentayangan yang menyerupai ibu Tomi memanggil manggil nama Tomi.
(Arwah ibu Tomi yang mengetuk jendela kamar Tomi)

Lalu menurut saran teman2 Tomi, akhirnya Tomi datang ke seorang peramal, sang peramal (Ruth Pelupessy) yang cukup seram, untuk menakut2i penonton sepanjang film dengan wajahnya & kepribadiannya yang dingin berkata kalau keluarga Tomi akan mendapakan kejadian buruk, lalu ia menyuruh Tomi mendalami ilmu hitam yang berarti menyembah setan. Tomi pun mempercayai & tak pikir panjang Tomi mendalami ilmu hitam karena keluarga Tomi ini jauh dari agama, setelah Tomi belajar ilmu hitam sifat Tomi banyak berubah. Tomi seringkali mengalami seperti kesurupan setan/menjadi pendiam. Sementara pak Karto (Him Damsyik) sang penjaga rumah yang sakit2an menasehati keluarga mereka untuk sholat/beribadah. diperlihatkan bahwa sifat ayah Tomi yang seperti acuh tak acuh. Rita yang sifatnya tak jauh beda dengan Tomi dan ayahnya yaitu suka pergi ke diskotik & pesta hura2 dengan pacarnya yakni Herman (Simon Cader) membuat keluarga ini menjadi kacau balau, dan gangguan setan rentan untuk menganggu keluarga ini.

(Sang peramal)

Tak lama kemudian pak Munarto sang ayah, menggunakan jasa pembantu baru yang bernama Darminah yang nanti akan tinggal bersama mereka. Tomi kaget, karena wajah pembantu baru dengan peramal waktu itu yang menyuruh Tomi mempelajari ilmu hitam nampaknya sama. Tak lama setelah kehadiran Darminah, kejadian misterius semakin sering terjadi membuat suasana rumah mereka menjadi makin mencekam. Singkat cerita, Herman pacar Rita menyuruh Rita ke dukun untuk menyelesaikan masalah ini. Akhirnya pak Karto ditemukan meninggal dengan cara yang tidak wajar, Pacar Rita juga meninggal karena kecelakaan motor saat menghindari seseorang, yang ternyata orang tersebut adalah Darminah. Jadi Darminah lah yang menjadi dalang dari semuanya.
(Wajah Darminah , Mayat pak Karto & Herman)


(Hantu pak karto, Herman & Ibu menghantui)



Singkat cerita, akhirnya rahasia terbesar terungkap! Darminah adalah manusia setan yang mengincar keluarga Tomi terutama pada manusia yang tidak memiliki agama/iman. Mulailah teror baru bagi mereka saat di rumah, hantu pak karto mengincar Tomi, hantu herman mengincar Rita, dan hantu istri pak Munarto mengincar suaminya sendiri. 


(Darminah si manusia setan)
     
Ternyata diluar ada ustad dan orang banyak, yang menjadi dewa penolong bagi keluarga Tomi. Dengan suara islami, dan berkata "allah akbar..." 3x akhirnya setan2 tersebut enyah, Darminah enyah dengan cara terbakar hidup2. Film diakhiri dengan adegan keluarga Tomi keluar dari masjid setelah beribadah. Mereka benar2 sudah bertobat!
THE END.
Gambar atas (Ustad & orang banyak yang menjadi dewa penolong)
Gambar bawah (Keluarga Tomi saat di masjid & bertobat)

Film ini lawas dimana diproduksi tahun 1980, saat itu film ini fenomenal, dan sukses besar. Kehororan nya sangat terasa dari awal sampai ending film ini. Suasana rumah yang pada jaman itu termasuk mewah dan besar remang2/gelap menambah bumbu horornya. Sosok Darminah yang menjadi teror bagi keluarga ini sukses besar membuat mata saya tak lepas dari Darminah. Apalagi tatapan mata yang tajam & sifatnya yang tidak banyak bicara, diawal film tidak terlihat wajah seperti kehilangan yang mendalam pada Rita & ayahnya. Hanya Tomi yang paling sedih setelah ibu mereka meninggal. Selain Horor, terdapat unsur religi keislaman yang kental & tak dapat dipisahkan karena tujuan/pesan moral dari pembuatan film ini/cerita nya adalah kita sebagai umat manusia hendaknya kita mengabdi/dekat dengan Tuhan, bukan dengan setan yang malah menjadikan bencana untuk manusia. Dalam film ini sangat kental unsur agama sementara pada versi remake tidak memunculkan unsur agama sedikitpun. Dibagian akhir film keluarga ini juga telah bertobat, sementara versi remake mereka tetap saja jauh dari agama.



PENILAIAN FILM : 7.8/10 (VERSI HORORVIEWID)


"FILM LEGENDARIS INDONESIA YANG MERUPAKAN FILM TERSERAM PADA MASANYA. PERAN RUT PELUPESSY ADALAH PERAN YANG TAK TERLUPAKAN DALAM SEJARAH FILM HOROR!"



Mari Kita Simak Sinopsis Yang Versi Remake...




2. PENGABDI SETAN VERSI REMAKE (2017)

(Gambar dari kiri ke kanan (Bapak, Nenek, Rini, Tony, Bondi & Ian)

 Film yang bersetting tahun 1981 yakni tentang Sebuah keluarga yang terdiri atas Bapak (Bront Palarae) & ibu Mawarni (Ayu Laksmi)  yang memiliki 4 anak yakni, anak tertua Rini (Tara Basro), Tony (Endy Arfian), Bondi (Nassar Annuz) & anak paling kecil bernama Ian yang mengidap bisu tuli (Muhammad Adhiyat) mereka tinggal di pinggiran kota Jakarta, di sebuah rumah milik nenek mereka (Elly D Luthan).



(Saat ibu mengembuskan nafas terakhir)

Scene awal dimana cerita berpusat pada ibu mereka yang dulunya adalah seorang penyanyi terkenal & pahitnya sang ibu memiliki penyakit aneh selama 3 tahun yang membuat sang ibu hanya bisa berbaring di kasurnya tanpa berbuat apa2. Masalah finansial menjadi masalah utama, sebab setelah ibu mereka sakit, tidak ada penghasilan lagi yang menopang hidup keluarga ini. Banyak pengorbanan yang dilakukan keluarga, diantaranya menjual barang2 milik mereka untuk pengobatan penyakit ibu mereka yang tidak dijelaskan dari awal hingga akhir film. Pengorbanan keluarga sia-sia untuk menyembuhkan penyakit sang ibu setelah Rini menemukan ibu meninggal di kamar ibunya. 



 (Saat2 terakhir ibu dimakamkan)

Tak lama setelah kematian Mawarni, Bapak memutuskan untuk pergi ke kota untuk menggadaikan rumah nenek. Setelah bapak mereka ke kota, terisalah 4 anak & nenek mereka di rumah. Disinilah teror mulai datang menghampiri ! Ternyata sang ibu kembali & Menebar teror dengan maksud tujuan menjemput salah satu anak Mawarni. Disamping itu, ada hal lin yang membuat suasana rumah semakin mencekam, yaitu saat Bondi menemukan mayat nenek yang meninggal di sumur! Sifat Rini yang menjadi kakak tertua di film ini adalah mengutamakan keluarga & memiliki beban paling besar karena dia memegang tanggung jawab penuh atas adik2nya dan Rini mengambil peran utama dalam film ini, dimana dia menyelidiki kasus ibu mereka yang menebar teror.  
 (Mayat nenek tenggelam di sumur)


Gambar atas (Hendra & Rini)
Gambar bawah (Budiman yang merupakan teman dekat nenek)

Rini mendapatkan petunjuk di kamar nenek yaitu sepucuk surat yang ditujukkan kepada Budiman (Egy Fedly) yang merupakan teman dekat nenek. Akhirnya Rini ditemani  Hendra (Dimas Aditya) yang merupakan anak ustad untuk pergi bertemu Budiman. Dari situ diketahui bahwa ternyata dulu jauh sebelum bapak menikah, nenek bapak tidak menyetujui pernikahan antara bapak & Mawarni karena Mawarni tidak dapat memberikan keturunan & menjadi pengabdi/pemuja setan agar Mawarni memiliki anak. Yang lebih membuat terkejut lagi adalah ternyata Ian anak bungsu yang bisu tuli adalah anak titisan iblis! Plot Twist yang tidak pernah terpikirkan & membuat penonton tercengang! Scene terakhir film menunjukkan Ian dijemput oleh sang ibu & keluarga mereka pindah rumah di kota. 

THE END.
Gambar atas (Sekte payung hitam)
Gambar bawah (Hantu sang ibu)

Membuat film ulang dengan judul film legendaris Indonesia merupakan tantangan tersendiri bagi Joko Anwar. Yang menjadi unik adalah
 film ini bersetting pada tahun 1981 yang di produksi tahun 2017.Banyak sekali perbedaan diantaranya jumlah anggota keluarga, inti cerita & alur yang penuh misteri. Di film ini peran keluarga sangat penting & menjadi ciri utama, berbeda dalam versi original yang tidak memiliki peranan penting keluarga. Jumlah anggota keluarga dalam versi original yakni sang ibu memiliki 2 orang anak sementara dalam versi remake, ibu memiliki 4 orang anak & ada peran seorang nenek. Peran Hendra, anak ustad dalam film ini menggantikan Herman pacar Rita dalam versi original. Dalam film ini juga terdapat lagu kelam malam yang membuat suasana sepanjang film semakin seram. Peran Ustad dalam kedua film sangat berbeda. Ustad dalam versi original adalah seorang dewa penolong yang membunuh para setan, dalam versi remake ustad tidak menjadi peran apa-apa & malah ikut meninggal terbunuh karena setan. Peran ian yang sejak awal mengecoh penonton karena memiliki wajah yang imut membuat penonton benar2 tercengang karena Ian adalah anak iblis yang menjadi hantu utama sepanjang film! Plot twist yang cerdas! 



 PENILAIAN FILM : 8.3/10 (VERSI HORORVIEWID)


 "DALAM VERSI REMAKE MEMILIKI JALAN CERITA YANG LEBIH UNIK & SERAM DARIPADA VERSI ORIGINAL. BANYAK ADEGAN HANTU /PENAMPAKAN DALAM VERSI REMAKE, DI BAGIAN AKHIR JUGA ADA PLOT TWIST YANG CERDAS YANG MENJADIKAN FILM INI LEBIH UNGGUL DARI VERSI ORIGINAL"



Jadi bagaimana pendapat kalian guys? Tulis di kolom komentar yah!

Komentar

  1. Kenpa ya, efek sederhana dari film dulu bosa lebih menimbulkan nilai horor yg lebih kuat

    BalasHapus
  2. Sweet Bonanza - Game
    Play Sweet Bonanza free and for real money at 카지노사이트 casinos powered by Microgaming ➤ Enjoy ✓ Instant Withdrawals ✓ 온라인카지노 Bonus ✓ Fast Payouts.Features: Instant Play, Scratchcards, Mobile Rating: 4.5 · ‎Review by CasinoWow

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

[REVIEW] The Uninvited (2009) : Halusinasi Belaka Akibat Depresi | #SegmenReview

[REVIEW] Panic Room (2002) : Ruang Rahasia Dalam Rumah | #SegmenReview